Manfaat Tanaman Pandan

manfaat tanaman pandan

Manfaat Tanaman Pandan – Tanaman pandan mempunyai bentuk daun memanjang dengan warna hijaunya serta beraroma harum sering digunakan sebagai pewangi makanan yang sangat dikenal di Indonesia maupun di Asia Tenggara. Dengan aromanya yang khas tanaman pandan ini juga banyak difungsikan sebagai hiasan rangkaian bunga biasanya saat pesta perkawinan akan diselenggarakan.

Bagi yang tidak mengenalnya, tanaman pandan ini memiliki tekstur dengan bentuk daun memanjang seperti daun palem tersusun rapat dan roset, dapat tumbuh memanjang sampai 60 cm pada tiap daunnya dengan akar yang besar dan kuat yang mampu menopang panjang daun dan memiliki bentuk bergigi pada tepi daunnya. Tanaman pandan ini sangat mudah dijumpai pada pinggiran selokan-selokan yang lembab serta di pekarangan-pekarangan rumah karena tumbuhan ini merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh dan berkembang biak.

Tanaman pandan tergolong dalam jenis tanaman herbal yang memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb. Tanaman herbal ini memiliki segudang manfaat.

Beberapa Khasiat Dan Manfaat Tanaman Pandan

1. Menghilangkan ketombe

Manfaat tanaman pandan yang pertama adalah dapat menghilangkan ketombe pada rambut. Cara: Ambillah daun pandan secukupnya kemudian tumbuk sampai halus, peras dan saringlah, lalu oleskan pada rambut yang berketombe. Lakukan secara rutin sampai ketombe hilang

2. Menghitamkan rambut

Pertama: Ambil daun pandan sekitar 10 lembar, potong-potong dengan ukuran 2-3 cm, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air sampai air tersebut menyusut kira-kira tersisa 1 gelas air, lalu embunkan selama 1 malam.

Kedua: Ambillah 3 buah mengkudu, parut dan peras terus masaklah dengan menggunakan air secukupnya. Kemudian campurkan dengan air pandan yang telah di embunkan tadi. Pakailah sebagai shampo dan lakukan 4x dalam seminggu.

3. Mengatasi kerontokan rambut

Manfaat tanaman pandan juga bisa untuk menyembuhkan rambut yang rontok. Sediakanlah beberapa bahan berikut ini :

  • Daun pandan secukupnya
  • Segenggam daun urang-aring
  • Sekuntum bunga mawar
  • 5 lembar daun mangkokan
  • 10 lembar daun waru segar
  • 10 lembar daun melati
  • 1 cangkir minyak wijen
  • 1 cangkir minyak kelapa
  • 1 cangkir minyak kemiri

Cara meraciknya :

  • Cuci bersih 6 bahan dedaunan, cincang sampai kecil-kecil kemudian masaklah dengan air secukupnya hingga mendidih dengan mencampur minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri.
  • Jika sudah betul-betul mendidih angkat dan diamkan hingga dingin jangan lupa disaring racikan tersebut.
  • Oleskan hasil minyak tadi ke kulit kepala dengan sedikit pijatan lembut.
  • Lakukan dimalam hari sebelum tidur, gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu hingga betul-betul rambut rontok telah teratasi.

4. Menurunkan darah tinggi

Rebuslah daun pandan segar dengan 2 gelas air sampai menjadi kira-kira 1 gelas. Minumlah air rebusan tersebut tiap pagi dan sore untuk menormalkan tekanan darah tinggi anda.

5. Obat penenang yang alami

Yang berikutnya, manfaat tanaman pandan dapat difungsikan sebagai obat penenang yaitu dengan cara ambillah 3 helai daun pandan kemudian seduh dengan segelas air hangat, jika ingin menambahkan rasa gunakan madu, minumlah disaat masih hangat.

6. Mengatasi rematik dan pegal linu

Manfaat tanaman pandan yang berikutnya dapat mengobati rematik dan pegal linu. Caranya, panaskan minyak kepala secukupnya, iris lembut 3 lembar daun pandan, kemudian campurkan kedalam miyak kelapa aduk-aduk sampai layu, angkat dan dinginkan. Langkah terakhir campur racikan daun pandan dengan minyak kayu putih, oleskan kebagian yang terkena rematik dan pegal linu.

7. Menambah nafsu makan

Untuk menambah nafsu makan, rebuslah 2 helai daun pandan dengan 2 air putih hingga susut kira-kira 1 gelas. Minumlah tiap hari pagi dan sore. Untuk menambah rasa campurkan madu secukupnya.

8. Mengobati lemah sahwat

Ambillah 3 lembar daun pandan iris kecil-kecil, cuci hingga bersih kemudian rebuslah dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Untuk mendapatkan manfaat tanaman pandan secara maksimal maka minumlah pagi dan sore sesudah makan.

9. Mengobati lemah saraf

Iris-iris 3 helai daun pandan segar, cuci hingga bersih, rebus dengan 3 gelas asir hingga menjadi 2 gelas. Kemudian saring untuk memisahkan dengan irisan daun pandan lalu minumlah tiap pagi dan sore secara rutin agar manfaat tanaman pandan benar-benar maksimal.

Daun pandan yang mudah di kembangbiakan tidak membutuhkan lahan yang luas cukup. Dengan sedikit lahan di pekarangan, kita bisa menciptakan tanaman toga dirumah, karena banyak sekali manfaat tanaman pandan yang didapat untuk kesehatan tubuh kita dan sangat rugi sekali jika kita tidak mencobanya.

Baca juga: Manfaat Air Kacang Hijau

Share

Leave a comment

Your email address will not be published.

*