Ibu Hamil

Kebutuhan Dasar Ibu Hamil

kebutuhan dasar ibu hamilSaat masa mengandung, kebutuhan dasar ibu hamil akan asupan gizi melebihi dari biasanya guna menunjang lancar dan sehatnya keadaan janin dalam kandungan. Namun, benarkah hanya dalam bentuk asupan gizi saja kebutuhan yang harus terpenuhi pada ibu hamil? Dan kenyataannya wanita tidak hanya membutuhkan asupan gizi saja, akan tetapi juga ada hal-hal lain yang dibutuhkan ibu hamil demi terciptanya kebahagiaan dalam rumah tangga bersama sang suami. Dibawah ini ada beberapa hal yang setidaknya menjadi kebutuhan dasar ibu hamil baik dari asupan gizi dan lainnya.

A. Kebutuhan Gizi

Seperti halnya dalam pembahasan manapun, asupan gizi selalu menjadi poin utama dalam kebutuhan ibu hamil. Sebab dengan asupan gizi yang cukup akan membantu kelancaran perkembangan kondisi janin dalam kandungan. Lalu gizi apa sajakah yang harus terpenuhi? Kami akan menjelaskan beberapa gizi yang setidaknya harus dipenuhi seperti Asam Folat, Dua Asam Lemak, Iron/Zat Besi dan juga Kalsium dibawah ini.

  1. Asam Folat. Gizi yang pertama ialah Asam Folat yang berperan sebagai pendukung pembentukan sel syaraf janin. Asam Folat merupakan kelompok vitamin B yang bisa dapatkan pada makanan seperti sereal asparagus, bayam, bit, hati, kacang merah, brokoli dan masih banyak lainnya. Dalam sehari setidaknya ibu hamil membutuhkan gizi ini sekitar 60 gr.
  2. Tentunya semua orang tua menginginkan buah hati yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata. Dua Asam Lemak bisa menjadi penunjang akan hal itu sebab dua asam lemak merupakan kelompok asam lemak utama dalam otak yang berkaitan dengan perkembangan otak janin. Makanan yang mengandung Dua Asam Lemak diantaranya ikan laut, kuning telur dan susu.
  3. Gizi selanjutnya yang harus terpenuhi adalah Iron atau Zat Besi yang mana gizi satu ini berperan sebagai pengangkut oksigen dalam darah. Dan juga Zat Besi akan membantu dalam pembentukan plasenta. Jika kebutuhan ibu hamil akan Zat Besi kurang terpenuhi maka akan berakibat pada kelahiran prematur, berat badan bayi rendah serta anemia. Untuk memenuhi asupan gizi ini bisa mengonsumsi makanan seperti bayam, kerang, udang, daging, kacang merah dan ati sapi.
  4. Dan gizi yang terakhir adalah Kalsium yang membantu pembentukan tulang dan gigi si calon bayi. Kalsium juga mampu mencegah terjadinya tulang wanita hamil keropos disebabkan diambil janin. Kalsium sendiri bisa diperoleh pada susu dan lainnya.

B. Dukungan Suami

Dalam rumah tangga yang menjadi pilar utama dalam terciptanya kebahagiaan adalah sang suami dan istri. Tentu mereka berdua harus berkomunikasi dengan baik sehingga kekurangan dari salah satu pihak bisa terpenuhi/dibantu oleh pihak lain. Begitu juga dalam masa kehamilan maupun persalinan sang istri, dukungan suami merupakan sumber dukungan emosional utama sehingga istri mempunyai kesiapan dalam menghadapi kehamilan dan juga persalinan nantinya. Dan juga bahkan dukungan suami mampu mempengaruhi produksi ASI. Ada beberapa hal penting dibawah ini yang diharapkan istri hamil pada sang suami:

  1. Suami memberikan perhatian lebih terhadap kondisi kesehatan istri
  2. Suami bahagia dengan hadirnya si calon bayi dalam kandungan istri
  3. Suami mau menggantikan tugas rumah tangga istri selama masa kehamilan
  4. Suami menunggui istri saat akan melahirkan

C. Dukungan Keluarga

Tidak hanya dukungan suami, dukungan keluarga seperti anak-anak (apabila sudah pernah melahirkan), dukungan orang tua dan famili lainnya pun memegang peran penting untuk kesehatan ibu hamil. Dukungan tersebut bisa dalam berbagai bentuk berikut:

Poin ketiga yang dibutuhkan istri dalam masa kehamilan adalah dukungan dari keluarga terdekat seperti orang tua, kakak adik maupun famili yang lain. Sebab hal tersebut akan memberikan dampak positif baik pada kesehatan maupun perasaan istri. Berikut beberapa bentuk dukungan keluarga yang dibutuhkan ibu hamil:

  1. Mau meluangkan waktu untuk mengantar untuk memeriksa kondisi kehamilan
  2. Berdoa bersama agar diberikan keselamatan pada ibu hamil dan calon bayi
  3. Berbagi pengalaman seputar kehamilan dan persalinan
  4. Mau menunggui ibu hamil saat melahirkan

D. Dukungan Tenaga Kesehatan

Tenaga Kesehatan merupakan kebutuhan penting guna mengetahui kondisi kehamilan. Dokter ataupun Bidan disini tentu akan memberikan informasi kehamilan dan juga resep-resep kesehatan ibu hamil serta janin dalam kandungan. Akan lebih baik jika Dokter/Bidan yang memeriksa tetap sehingga mampu mengontrol kondisi kehamilan secara baik.

Nah, itulah beberapa kebutuhan dasar ibu hamil yang harus terpenuhi sehingga ibu hamil mampu lebih siap dalam kehamilan maupun persalinan nantinya.

Baca juga: Cara Melentikkan Bulu Mata

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>